الأربعاء، 19 يونيو 2013

"Bukan Upah, di Maspion"

Bukan Upah, di Maspion”


KPH (Kejadian, Perilaku, Hasil)               :

Kejadian        :
Para buruh menggelar aksi demo menuntut tambahan jam istirahat, dan terbakarnya pabrik Maspion yang diduga kuat dilakukan oleh para buruh.

Perilaku (yang sebaiknya dilakukan oleh para buruh)        :
            Para buruh seharusnya dapat menerima kebijakan perusahaan tentang pengaturan jam istirahat secara lebih dingin, mereka bisa berkomunikasi langsung dengan pimpinan perusahaan membahas lebih lanjut mengenai pengaturan jam istirahat yang dirasa kurang cukup. Atau mereka seharusnya bisa memanage tanggung jawab / komitmen diri masing – masing, bagi mereka yang ingin beristirahat lebih lama ya sebaiknya mereka memundurkan jam pulang mereka alias pulang lebih lama, namun bagi mereka yang beristirahat lebih cepat bisa pulang lebih cepat, dengan begitu dapat meminimalisir adanya konflik internal yang disebabkan oleh adanya ketidakadilan pengaturan jam istirahat bagi buruh oleh manajemen perusahaan.

Hasil (yang seharusnya terjadi)              :
            Dengan melakukan hal-hal seperti yang dibahas diatas, dapat dijamin bahwa perusahaan Maspion tidak akan mengalami krisis internal seperti yang sedang dialami sekarang.

Konsep Igrow (Issue, Goals, Root Causes, Options, What’s Next)            :


Issue               :

Kemarahan dan kekecewaan para buruh hingga melakukan demo menuntut agar keinginan mereka dipenuhi. Dan terbakarnya pabrik Maspion yang asih belum diketahui penyebabnya, entah hanya kecelakaan semata, atau perbuatan para buruh sendiri.

Goals              :

            Untuk mengatasi krisis, perusahaan harus mengubah peraturan mengenai pengaturan jam istirahat bagi karyawan dan melakukan pergantian pengawas yang dianggap banyak mengecewakan karyawan.

Root Causes             :

            Perusahaan harus menyepakati keputusan untuk mengubah peraturan tentang jam istirahat dan melakukan pergantian pengawas.

Options                     :

            Perusahaan harus melakukan voting bersama para karyawan

What’s Next             :

            Perusahaan menerapkan peraturan baru yaitu mengubah peraturan tentang pembagian jam istirahat, melakukan pergantian pengawas, lalu mengadakan monitoring untuk meninjau dampak dari peraturan baru tersebut.

           


            

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق