الاثنين، 25 فبراير 2013

rangkuman internal relations

Rangkuman, 13 Februari 2013

Internal itu berarti : karyawan dan keluarga, shareholder (pemegang saham), agen (beberapa perusahaan).

·        Peranan Humas terhadap public internal : mengatasi masalah gap yang biasa muncul melalui proses komunikasi.

·        Terdapat 4 tahap proses humas yaitu : define the problem – planning – communicating – evaluating.

·        Perusahaan harus memiliki KPI (Key Performance Indicator), yaitu sejenis rencana kerja / resolusi target, dianggap berhasil jika karyawan membuatnya lalu menyerahkan ke atasan, dan tidak jarang dibuat seremoni agar dianggap serius.

·        Iklim organisasi yang sehat di dalam perusahaan : jujur, terbuka, tidak saling menjatuhkan, dan tidak melakukan KKN.

·        Tujuan PR   :

Ø  Meningkatkan self of belonging, dengan cara mengadakan lomba – lomba (seperti olahraga, dll), dan bekerjasama dalam meningkatkan perkembangan / kinerja perusahaan.





Rangkuman, 20 Februari 2013

·        Iklim Komunikasi yaitu persepsi – persepsi mengenai peristiwa komunikasi, perilaku – perilaku manusia, respon pegawai terhadap pegawai lainnya, dll.

Contoh : di dalam sebuah perusahaan terdapat karyawan yang tidak mengenali                   atasannya, dan ada juga yang saling mengenal satu sama lain.

·        Iklim  : bisa salah, tapi bisa juga memberi gambaran dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Contoh : 1 divisi perusahaan yang tidak efektif, lalu mereka melakukan tindakan.

·        Kita sebagai PR sudah seharusnya peka terhadap suatu iklim yang tercipta di dalam suatu perusahaan (khususnya internal) dengan cara melakukan riset atau bertanya.

·        Iklim organisasi lah yang mempengaruhi budaya suatu organisasi dalam bekerja.

·        5 unsur yang membentuk suatu organisasi    :
Ø  Anggota organisasi          : pemikiran, perasaan, self moving.
Ø  Pekerjaan              : tugas formal (iklim lebih kaku), informal (santai).
Ø  Pengelolaan           : planning, organization, communicating.
Ø  Struktur organisasi : kompleksitas (makin vertical, gap makin jauh), yang baik yang lebih landai.
Ø  Pedoman organisasi         : misi, tujuan, kebijakan, strategi, aturan, prosedur.

·        Iklim yang positif
Ø  Saling percaya (timbal balik), karyawan bertanggungjawab
Ø  Informasinya transparan (terbuka), saling jujur
Ø  Saling mendengarkan, penuh perhatian
Ø  Saling memberikan bantuan

·        Mood Komunikasi
Ø  Acuh tak acuh
Ø  Saling mendukung
Ø  Bermusuhan
Ø  Defensif
Ø  Partisipatif

·        Iklim komunikasi bukanlah sifat individu namun dibentuk, diformalkan, disetujui, dan dilakukan bersama-sama

·        Tips untuk perusahaan yang positif     :
Ø  Kepercayaan
Ø  Pembuatan keputusan bersama
Ø  Active listening
Ø  Jujur
Ø  Terbuka namun ada batasannya
Ø  Komitmen

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق